Sebanyak 5 Kelompok Tani di Kepenghuluan Bagan Manunggal Mendapat Bantuan Dana Desa

Suaralira.com, Bagan Manunggal (Riau) -- Program pemerintah pusat untuk setiap desa tentang ketahanan pangan langsung di salurkan dan di manfaatkan setiap kepala desa dan jajaranya seperti yang terjadi di kepenghuluan bagan manunggal Kec Bagan Sinembah Kab Rokan Hilir Prov Riau.
 
Kepala desa Bagan Manunggal, Johan Taruna mengadakan kroscek tentang kelompok tani yang ada di kepenghuluan bagan manunggal bersama beberapa awak media, baik cetak maupun online.
 
Kroscek lapangan ini di laksanakan kepala desa bagan manunggal agar informasi publik dan keterbukaan tentang kegiatan desa transparan dan nyata, di sela-sela kegiatan croscek di lapangan awak media suaralira.com mengambil foto dan kegiatan, kepengrusan kelompok tani yang ada di kepenghuluan bagan manunggal yang dananya bersumber dari dana desa sebesar 20 persen, Selasa (10/1/2023) sekira Pukul 11.00 Wib siang hari.
 
Kelompok tani yang pertama di ambil foto dan di konfirmasi oleh awak media suaralira.com, kelompok tani kapuas jaya, yang di ketuai oleh bapak H Rahmat dan posisi sekretaris bapak Edy Suprianto.
 
Dilokasi tempat ternak kelompok tani awak media suaralira.com mencoba mengkonfirmasi pengelola/pengurus usaha bebek petelur (Dedy), "sampai saat ini masih tahapan proses, mudah-mudahan kedepan mungkin akan lebih baik dan dapat membuat inkam di kelompok tani kami bisa lebih maju pak, namun kalau mengenai laba/untung belum bisa di jabarkan terlampau luas pak, "imbuh Dedy.
 
Setelah selesai dari kelompok tani yang pertama lanjut ke kelompok tani berikutnya, kelompok tani yang ke dua di beri nama Manunggal makmur di ketuai oleh ibu Sara, Sekretaris Nur Amin, kalau ini bergerak di bidang tanaman ubi kayu, dan juga masih proses, kelompok tani yang ke tiga, di beri nama Makmur Jaya, di ketua oleh Sumarno, Sekretaris Saripudin Saleh, ini bergerak di bidang tanaman jahe merah juga masih dalam proses tahapan penanaman, kemudian kelompok tani yang ke empat di beri nama kami-kami jaya, ini bergerak di bidang peternakan lele jumbo di ketuai oleh bapak Wildan Lubis, Sekretaris Darma Tarigan, ini juga masih dalam tahapan proses, dan yang terakhir kelompok tani ke lima di beri nama Berkah Jaya di ketuai oleh bapak Halil Aifdah, Sekretaris Arif,
Ini bergerak di bidang ternak kambing juga masih tahapan proses.
 
Namun semua kelompok tani ini, hanya skop desa, itu sebabnya untuk administrasinya tidak di lengkapi bendahara dan yang lainnya, namun itupun sudah bisa di pertanggung jawabkan oleh desa, mendapat bantuan untuk ketahanan pangan yang sumber dananya 20 persen dari dana desa.
 
Setelah selesai dari lapangan, kepala desa Bagan Manunggal kembali memberikan keterangan persnya kepada awak media suaralira.com di kantor kepala desa.
 
Johan Taruna, kepala desa Bagan Manunggal memberikan peluang kepada kawan-kawan awak media untuk mengkonfirmasi saya, melihat, memberitakan pekerjaan yang di desa Bagan Manunggal Kec Bagan Sinembah Kab Rokan Hilir yang kita cintai ini, bahwa semua kegiatan mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar semua ada bukan ada yang fiktif, "pungkasnya. 
 
Masih kata kepala desa, Johan Taruna, kegiatan kelompok tani ini bukti nyata bahwa pemerintah sangat peduli dengan kita masyarakatnya mulai dari yang terkecil sampai seterusnya, jadi harapan saya kepada pengelola kelompok tani yang ada saat ini, yang bersumber dari dana desa, marilah kita manfaatkan kesempatan ini dengan baik, juga bisa membuat penghasilan masyarakat bagan manunggal lebih meningkat dari yang biasanya.
 
Sedangkan setiap RT/RW yang belum mendapatkan kesempatan marilah kita bentuk, persiapkan mana tau program pemerintah di tahun 2023 ini mengadakan program ketahanan pangan lagi, kita bisa menikmatinya juga, di akhir konfirmasi dengan awak media suaralira.com, kepala desa bagan manunggal Johan Taruna berpesan, "marilah sama-sama kita benahi desa ini agar tetap menjadi yang terbaik", tutup kepala desa di akhir konfirmasinya. (J Manik/sl)