Tambah Dapil, Golkar Kuansing Optimis Kursi Bertambah


TELUKKUANTAN, suaralira.com - Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) bertambah menjadi 5 Dapil pada Pemilu 2024 mendatang, dari sebelumnya yang hanya 4 Dapil.

Hal ini berdasarkan dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 6 tahun 2023 tentang daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2024.

Adapun dapil yang baru terbentuk, antara lain, dapil 1 terdiri dari Kecamatan Kuantan Tengah dan Sentajo Raya. Dapil 2 terdiri dari Kecamatan Benai, Kecamatan Pangean, dan Kecamatan Logas Tanah Darat. Sedangkan dapil 3 terdiri dari Kuantan Hilir, Kuantam Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti. 

Ketiga dapil ini dulunya hanya 2 dapil, dapil 1 terdiri dari Kuantan Tengah, Benai dan Sentajo Raya. Dapil 2 dulunya terdiri dari Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti. Pada pemilu 2024 ini, dijadikan 3 dapil. Sebagaimana yang dijelaskan diatas.

Sedangkan dapil 4 terdiri dari Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Gunung Toar dan Pucuk Rantau. Dan dapil 5 terdiri dari Singingi dan Singingi Hilir. Kedua dapil ini tetap, tidak ada perubahan.

Untuk diketahui, sebelumnya Kecamatan Benai masuk kedalam Dapil 1 Kuansing bersama Kecamatan Kuantan Tengah, dan Kecamatan Sentajo Raya.

Untuk Kecamatan Pangean dan Kecamatan Logas Tanah Darat sebelumnya juga tergabung di Dapil 2 Kuansing bersama Kecamatan Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman, dan Cerenti.

Dengan adanya penambahan dapil ini, Golkar Kuansing semakin optimis menatap Pileg 2024 untuk menambah kursi di DPRD Kuansing.

Selain potensial menambah kursi karena emosional masyarakat dengan Golkar sudah terjalin sejak lama hingga menyentuh masyarakat tingkat RT/RW. Alasan lain, bahwa Golkar optimis menambah kursi karena kader-kader yang menjadi calon legislatif (Caleg) sudah teruji loyalitasnya di masyarakat.

Dengan analisa sederhana seperti diatas, sehingga wajar Ketua DPD Golkar Kuansing Dr Adam SH MH merasa optimis, bahwa kursi Golkar bertambah pada Pemilu 2024 di DPRD Kuansing.

"Dengan ditambahnya dapil, membuat kita semakin termotivasi, semakin optimis, Insha Allah pada Pileg 2024 kursi Golkar akan bertambah di DPRD Kuansing," ujar Adam kepada wartawan saat ditanya soal penambahan dapil ini, di Telukkuantan, Rabu (8/2/2023).

Bahkan Adam menargetkan Partai Golkar kembali mampu mempertahakan dan mengamankan posisi sebagai pemenang di Kuantan singingi. Setidaknya, Golkar mampu mempertahankan 2 kursi di dapil 1, dan dapil 5. Dan Golkar kembali mendapatkan kursinya yang hilang di dapil 4.

"Sedangkan di dapil 2 dan 3, kita harus berjuang ekstra untuk mendapatkan masing-masing 2 kursi. Dengan komposisi caleg yang ada, saya optimis. Dengan syarat semuanya harus bekerja untuk mendapat hati di masyarakat," jelas Adam

Karena itu, dengan penambahan dapil ini, Adam berpesan agar seluruh caleg bergerak agar harapan tersebut tercapai maksimal.

"Saya selalu berpesan, kepada seluruh kader tidak boleh merasa puas. Insya Allah, Golkar akan kembali menjadi pemenang pada Pileg 2024 mendatang di Kuansing," pesan Adam.

Terakhir kata Adam, Golkar juga melibatkan anak-anak muda disetiap dapil nantinya, baik untuk kader maupun yang akan menjadi caleg pada 2024 mendatang.

"Golkar terbuka untuk segala kalangan, terkhusus generasi muda dan milenial untuk mengisi caleg 2024 mendatang. Tentu ini menjadi bukti bahwa Golkar rumah bagi milenial dan ini menjadi daya tarik tersendiri dari Golkar," pungkas Adam.

Ind/sl