Secara Rutinitas dan Berkelanjutan Babinsa Koramil 01/Rengat Selalu Cek Sapi Milik Warga Antisipasi Wabah PMK

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Serda Handoko melaksanakan pengecekan ternak sapi milik warga, bertempat di desa Tanah Datar Kecamatan Rengat Barat Kab. Inhu, Kamis 30/03/2023.
 
Pengecekan ini dilakukan guna menindaklanjuti adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Serda Handoko menyatakan dalam mengantisipasi menyebarnya wabah PMK, kami ingin melihat dan melakukan pengecekan langsung kepada hewan ternak,"katanya.
 
“seperti hari ini, kami datangi kandang sapi milik Wito, jadi kami ingin pastikan ada tidaknya gejala maupun ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi wabah PMK ini” ujarnya. 
 
Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Babinsa berdasarkan hasil pemantauannya, beberapa hewean ternak sapi di kandang milik bapak masih sehat dan tidak ditemukan gejala wabah PMK. 
 
Tidak hanya itu Babinsa juga menghimbau, bahwa untuk mengantisipasi penyebaran infeksi PMK ini, agar para peternak rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ternak, membersihkan kandang dan juga memberikan disinfektan.
 
“Dengan upaya itu mudah-mudahan dengan upaya kita untuk melakukan pencegahan bisa menangkal wabah PMK ini, besar harapan kita semua semoga ternak-ternak milik warga semuanya sehat sehat”, tutup Serda Handoko.(P4as/sl)