Upacara Peringatan Hari Pahlawan Wabup Inhu Inspektur Upacara dan Pasi Ter Selalu Perwira Upacara

Suaralira.com, INHU - Upacara Memperingati Hari Pahlawan Nasional ke 78, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) gelar upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Inhu, Jumat (10/11/2023) pagi. 
 
Wakil Bupati Inhu Drs. Junaidi Rachmat, M. Si bertindak selaku inspektur upacara sementara untuk Perwira Upacara Kapten Inf Aplison( Pasi Ter Kodim 0302/Inhu) selanjutnya untuk Komandan Upacara : Lettu Herdianto ( Pasi Ops Kodim 0302/Inhu).
 
Upacara tersebut diikuti Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Inhu, seluruh ASN dan Non ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, serta anggota TNI dan POLRI .
 
Peringatan hari Pahlawan Nasional diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya ini mengusung tema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". 
 
Dengan Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. 
 
Wakil Bupati Inhu yang menyampaukan sekaligus Membacakan Amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, bahwa kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. 
 
Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara, lanjutnya. 
 
Dilanjutkanya bahwa Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kitahadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora.
 
Untuk itu mari bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera.
 
"Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita." tutupnya. 
 
Kegiatan upacara hari Pahlawan dihadiri oleh Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si ( Wakil Bupati Kab. Inhu) ,AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K( Kapolres Indragiri Hulu) ,Mayor Inf Kabul ( Kasdim  0302/Inhu mewakili Dandim 0302/Inhu) ,Chandra Gautama, SH,  MH ( Kepala Pengadilan Negeri Rengat) H. Mustaming, S.Sos,( Sekretaris Pengadilan Agama Rengat) , Muhammad Ulinnuha, SH( Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu mewakili Kajari Inhu) ,H. Darwison, MA( Kepala Kemenag Kab. Inhu) , Ir. H. Hendrizal, M.Si ( Sekda Kab. Inhu) ,H. Syahruddin, S.Sos, MT( Asisten Pemerintah dan Kesra Setda Kab. Inhu) ,Evi Irma Junita, S.KM, M.Si ( Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Inhu) ,Joni Maryanto, S.Pi, M.Si ( Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Inhu) Ahmad Syukur, S.Sos, M.Si ( Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum Setda Kab. Inhu) ,Kompol Aso Gea, SH, MH ( Kabag Log Polres Inhu) ,Amrizal Darma, SE( Sekwan DPRD Kab. Inhu) ,serta Kepala OPD dilingkungan Pemda Kab. Inhu, juga Hatta Munir ( Penerima Ahli Waris Pejuang Agresi Belanda tahun 1949) ,Masnur ( Penerima Ahli Waris Pejuang Seroja tahun 1979) ,Perserta Upacara yang hadir sekitar ± 500 Orang. 
 
Usai pelaksanaan upacara tersebut , Wakil Bupati Inhu serta rombongan bertolak ke Taman Makam pahlawan (TMP) Indra Bhakti Pematang Reba untuk menggelar upacara ziarah peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2023.(Prasetyo/sl)