Babinsa Koramil 01/Rengat Turut Ambil Bagian Dalam Pemantauan PMK Di Desa Binaan

Suaralira.com, Rengat - Denga  mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, jajaran Babinsa Koramil 01/Rengat, melaksanakan pemantauan dan pengecekan hewan ternak milik warga di wilayah binaannya Desa Sungai Raya, Kecamatan Rengat,Kab Inhu. Kamis, (24/04/2024).

Seperti yang dilaksanakan Babinsa Koramil 01/Rengat Sertu Riza Efendi melakukan monitoring perkembangan situasi saat ini, terkait merebaknya PMK dengan menyambangi langsung warga yang memiliki ternak sapi di kandang sapi mereka masing masing.

"Kali ini kami melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama di kandang sapi milik Muslim Desa Sungai Raya Kecamatan Rengat," ujarnya.

Sertu Riza Efendi mengatakan, meskipun sampai sejauh ini masih terbilang aman, namun pemantauan dan monitoring tetap dilakukan. Hal tersebut sebagai langkah antisipasi untuk mencegah meluasnya PMK, khususnya di wilayah Koramil 01/Rengat dengan turun ke daerah-daerah binaannya masing-masing.

Bahkan,lanjutnya Babinsa di wilayah menyambangi warga yang memiliki ternak sapi dengan tujuan mengecek langsung kondisi kesehatan dan kondisi kandang serta pakan yang diberikan.

Karenanya diharapkan setiap warga yang memiliki hewan ternak khususnya sapi agar selalu memperhatikan kondisi kesehatannya dan selalu menjaga kebersihan kandang serta kondisi pakan ternak.

"Kami harapkan pula apabila ada hewan ternak yang memiliki gejala Penyakit Mulut dan Kuku, segera melaporkan kepada Pemerintah Desa ataupun kepada para Babinsa,” ujarnya.(Pr4as.sl)