DR.EDI SUHENDRI M.Si Kepsek SMPN 23 Pekanbaru dan Panitia PPDB SMPN 23 Pekanbaru

PPDB SMP Negeri 23 Pekanbaru Besok Sabtu 29/06/24 Terakhir

Suaralira.com, Pekanbaru — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri di SMPN 23 Jl. Garuda Sakti No.KM.3, Simpang Baru, Kec.Bina Widya, Kota Pekanbaru telah dibuka sejak Rabu 26/6 hingga 29/6/2024 besok hari sabtu terakhir sesuai jadwal diatur.

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru pada tahun ajaran 2024/2025 ini untuk Tingkat SMP dimana khusus SMPN 23 memiliki kuota penerimaan sebanyak 256 siswa/siswi, "ujar Dr. Edy Suhendri, M.Si kepada awak media suaralira.com jum'at 28 juni 2024

 

Sesuai hasil pantauan di tempat pendaftaran sekolah, awak media menanyakan kepada salah seorang orangtua siswa, dimana mengaku tak mengalami kendala saat melakukan pendaftaran.

Menurutnya, proses pendaftaran lancar dan mudah. Seandainya tidak taupun atau mengerti Panitia Pelaksana PPDB siap membantu. 

Nampak dilapangan Kepala Sekolah SMP Negeri 23 Dr.Edi Suhendri M.Si selaku penanggung jawab turun langsung mengawasi sekaligus memberikan informasi kepada orangtua siswa segala informasi dan petunjuk hal PPDB dapat dilihat di dinding yang telah ditempel dan dipersiapkan. 

Informasi PPDB SMP Negeri 23 tahun ajaran 2024 - 2025 sesuai dengan SOP dan Juknis PPDB yang diberlakukan.

PPDB Merupakan sebuah rangkaian kegiatan sistematik yang dirancang untuk mengatur penyelenggaraan PPDB mulai dari persiapan (pra pendaftaran), pengumuman pendaftaran, pendaftaran dan penyerahan dokumen persyaratan, seleksi hingga batas kuota daya tampung.

Kepala Dinas Pendidikan Dr.H.Abdul Jamal menuturkan bahwa, "Hingga Jumat (28/6/2024), Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMP Negeri di Pekanbaru tembus sudah 10 ribu siswa. Jumlah siswa terus meningkat sejak awal pendaftaran dibuka pada Rabu 26/6 lalu sampai besok sabtu 29/6 mungkin masih bertambah.

" Abdul Jamal mengatakan, hingga Jumat siang tadi peserta didik yang sudah masuk ke sistem PPDB sudah sampai 10 ribu lebih. "Total yang mendaftar sudah 10.197 siswa. Dari total pendaftar, sebanyak 8.359 siswa melalui jalur donasi," ujar Jamal, Jumat (28/06/2024).

Kemudian peserta dari jalur afirmasi sebanyak 716 siswa, pindahan tugas orang tua sebanyak 283 siswa dan jalur prestasi 575 siswa. Sesuai jadwal, kata Jamal, pendaftaran akan berakhir pada Sabtu besok. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website https://ppdbpekanbaru.id/.

Ia juga memastikan, sejauh ini pendaftaran PPDB SMP di Pekanbaru berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Seandainya ada orang tua yang alami kesulitan saat mendaftarkan anaknya juga bisa langsung datang ke sekolah untuk lakukan konsultasi dan pendampingan guna mendapatkan informasi dan petunjuk dari Panitia Pelaksana PPDB sekolah.

Namun begitu, mulai tahun ini Disdik Pekanbaru bekerja sama dengan empat SMP swasta. Empat SMP itu yakni SMP YLPI di Kecamatan Sukajadi, SMP Telekomunikasi di Kecamatan Bina Widya, SMP Taruna Satria di Kecamatan Tuah Madani, dan SMP Tri Bakti di Kecamatan Payung Sekaki.

"Jamal, menyebut empat SMP tersebut juga membuka PPDB serentak dengan SMP Negeri. Meski swasta, siswa yang masuk di sana akan mendapatkan fasilitas yang sama seperti sekolah negeri. Artinya, orang tua atau wali murid tidak dikenakan biaya apa pun seperti sekolah negeri, "tutupnya. (Jheff/R/sl)