Menpora Imam Nahrawi bersama Menko PMK Puan Maharani, Menkoinfo Rudiantara, dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault saat mendampingi Presiden Joko Widodo membuka acara Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 sekaligus Peringatan Hari Pramuka ke 55 di La

Gerakan Pramuka Dapat Kucuran Dana Rp 91 Miliar

JAKARTA (suaralira.com) - Sebagai salah satu wadah pengembangan potensi dan karakter generasi muda Indonesia, Menpora Imam Nahrawi menegaskan bahwa Kemenpora terus berupaya selalu mendukung Kwarnas Gerakan Pramuka dengan memberikan bantuan dukungan fasilitasi. Untuk tahun 2016, total anggaran yang dikucurkan Kemenpora bagi Kwarnas Pramuka mencapai Rp 91 miliar.

“Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah pengembangan potensi dan karakter generasi muda andal Indonesia. Karena itu, Kemenpora berupaya selalu mendukung upaya Kwarnas Pramuka dengan memberikan bantuan dukungan fasilitasi melalui Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan,” kata Menpora seusai mendampingi Presiden Joko Widodo membuka acara Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 sekaligus Peringatan Hari Pramuka ke-55 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (14/8).

Pada kesempatan ini, Menpora mengapresiasi penyelenggaraan Jamnas X dan peringatan Hari Pramuka ke-55 yang berlangsung meriah. “Kita berharap peserta Jambore Nasional, sesuai tema Jambore Nasional tahun ini, senantiasa tampil keren, gembira, dan asyik dalam memberikan kontribusi terbaik mereka untuk kepentingan bangsa dan negara,” tambah Cak Imam.

Bertema "Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan yang Keren, Gembira, Asyik", HUT Pramuka juga dihadiri sebanyak 25.000 peserta tingkat pengalang seluruh Indonesia, termasuk Pramuka berkebutuhan khusus dari 34 Kwarda seluruh Indonesia dan peserta dari luar negeri terdiri dari Malaysia, India, Timor Leste, Filipina, Nepal, Thailand, Belanda, serta KBRI Malaysia dan KBRI Rusia.

Pembukaan Jamnas X ditandai dengan pemukulan Timpani alat musik dari Papua yang diikuti perkusi. Untuk menyukseskan Jamnas X ini, Kemenpora telah melakukan kerja sama dengan memberikan bantuan Rp91 miliar, terdiri dari Rp 71 miliar untuk pelaksanaan Jambore Nasional dan Rp 20 miliar untuk bantuan kegiatan rutin Kwarnas sepanjang tahun. Sehingga, totalnya mencapai Rp 91 miliar.

Berdasarkan data dari Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora, khusus untuk alokasi anggaran sebesar Rp 71 miliar untuk penyelenggaraan Jambore Nasional, perinciannya sebesar Rp 38 miliar untuk transportasi dan akomodasi dan Rp 33 miliar untuk renovasi, seperti pengaspalan jalan, perbaikan gedung, dan lain-lain.

Selain Menpora, turut hadir mendampingi Presiden Jokowi pada Pembukaan Jamnas dan HUT Pramuka kali ini, di antaranya Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, Menko PMK Puan Maharani, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menkominfo Rudiantara, dan sejumlah pejabat lainnya.