Pasukan IsraelHancurkan Rumah-Rumah Warga Palestina

TEPI BARAT, SUARALIRA.com - Pasukan militer Israel kembali menghancurkan sembilan rumah dan bangunan milik warga Palestina di wilayah Tepi Barat. 
 
Pada Selasa dini hari waktu setempat seperti dilansir media Press TV, Selasa (30/08/2016), para tentara Israel menghancurkan rumah keluarga seorang tahanan Palestina atas perannya dalam penembakan di dekat permukiman Otniel di sebelah selatan Hebron pada 1 Juli. Seorang rabbi bernama Michael Mark tewas dan beberapa anggota keluarganya luka-luka dalam insiden itu.
 
Menurut saksi mata seperti diberitakan kantor berita Safa, pasukan Israel mengepung rumah tahanan Palestina bernama Mohammed Abdulmajdi Abriwash yang berada di kota Dura, sekitar 11 kilometer barat daya Hebron. Ini terjadi di tengah bentrokan dengan puluhan pemuda Palestina yang melemparkan batu-batu. Pasukan Israel pun melepaskan gas air mata untuk membubarkan massa.
 
Ditambahkan saksi mata, sejumlah buldoser Israel merobohkan tembok-tembok rumah tahanan Palestina, sebelum para tentara menaruh bahan peledak dan meledakkan rumah tersebut hingga hancur total, rata dengan tanah.
 
Perkembangan tersebut terjadi setelah pasukan Israel meratakan dengan tanah delapan bangunan warga Palestina di kawasan Maazi Jaba di Tepi Barat. Menurut warga setempat, buldoser-buldoser Israel yang dikawal puluhan tentara, bergerak masuk ke Maazi Jaba, sebelah timur desa Jaba pada Senin, 29 Agustus sekitar pukul 07.30 waktu setempat. Mereka kemudian menghancurkan enam rumah warga serta dua bangunan lainnya yang digunakan sebagai kandang domba.
 
Akibat penghancuran rumah-rumah tersebut, sebanyak 28 orang, termasuk 18 anak di bawah usia 16 tahun, kehilangan tempat tinggal.
 
Sebelumnya, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) menyatakan pada 12 Agustus lalu, bahwa total 726 bangunan warga Palestina telah dihancurkan di wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur sejak Januari lalu. Penghancuran itu telah menyebabkan sekitar 1.020 warga Palestina kehilangan tempat tinggal. (dtc/sl)