Pimpinan MPR Ajak Rakyat Beli Produk Dalam Negeri

JAKARTA, SUARALIRA.com - Usai memperoleh penghargaan dari Dirjen Pajak atas keikusertaannya dalam tax amnesty (pengampunan pajak), Wakil Ketua MPR Oesman Sapta kepada wartawan mengatakan bahwa kesadaran yang tumbuh di masyarakat bukan hanya soal pajak namun juga mengenai produksi dalam negeri.
 
"Kita upayakan agar anak-anak bangsa ini membeli produk dalam negeri," ujar Oesman Sapta kepada wartawan di kantor Ditjen Pajak Jakarta, Kamis (27/10/2016).
 
Oesman Sapta menjelaskan saat rapat konsultasi pimpinan lembaga negara dengan Presiden, hal demikian juga dibahas. Ditest apakah para pemimpin lembaga negara itu menggunakan produk dalam negeri. 
 
"Presiden menggunakan sepatu yang dibeli dari Manado, Wakil Presiden menggunakan sepatu dari Cibaduyut," ujarnya seraya menyebut dirinya pun menggunakan sepatu dari dalam negeri.
 
Oesman Sapta menekankan pentingnya produk dalam negeri sebab ini menyangkut masalah pasar bebas Asean. Menurutnya, negara di kawasan Asean lainnya paling banyak jumlah penduduknya 60 juta jiwa. 
 
"Sedang jumlah penduduk Indonesia mencapai 240 juta jiwa," paparnya. "Kita jangan memikirkan pasar Asean dulu," ungkapnya. 
 
Oesman Sapta menyarankan agar pasar Indonesia jangan dimasuki produk dari luar. "Kita harus merebut pasar dalam negeri dulu." Setelah itu baru sisanya kita jual keluar negeri," tutupnya. (bbg/sl)