Koperasi dan UMKM akan Dihidupi Lewat Dana Bergulir

KENDARI, suaralira.com - Pemerintah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, meminta koperasi di daerah itu memanfaatkan dana bergulir melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB-KUMKM) untuk mengembangkan usaha. 
 
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Pemkot Kendari, Syam Alam mengatakan, pemerintah telah menyiapkan dana bergulir miliaran rupiah untuk pelaku UMKM dan koperasi yang ingin mendapatkan dana itu.
 
"Yang saya ketahui untuk Sultra disiapkan Rp200 miliar yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dan koperasi yang tersebar di 17 kabupaten/kota termasuk Kendari," katanya, Minggu (14/5/2017). 
 
Syam Alam mengatakan, saat ini baru lima koperasi di Kendari yang mengajukan permintaan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat tersebut. "Kami berharap dana yang dialokasikan oleh LPBD-KUMKM itu bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dan koperasi di Kendari yang memenuhi syarat," katanya. 
 
Dia menjelaskan, Program LPDB sangat membantu masyarakat karena bunganya yang rendah bila dibandingkan dengan dana dari perbankan. 
 
"LPDB-KUMKM merupakan salah satu satuan kerja di Kementerian Koperasi dan UKM yang bertugas mengelola dana bergulir dalam bentuk pinjaman, pembiayaan kepada Koperasi dan UKM," katanya.
 
(okz/sl)