Kapolsek Cerenti dan anggota nya Lakukan Penertiban Penambangan Emas Tanpa Izin ( PETI ), pelaku berhamburan kabur saat petugas datang.

KUANTAN SINGINGI,- Kapolsek Cerenti Iptu Irawan Fikri, S.Sos., beserta anggotanya, melakukan penindakan / penertiban Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Rabu (30/03/2022) pukul 15.00 Wib, di Desa Sikakak Kec. Cerenti Kabupaten  Kuantan Singingi.
 
Dalam kegiatan Penindakan PETI tersebut dipimpin oleh Kapolsek Cerenti Iptu Irawan Fikri, S.Sos beserta 4 orang personil dari Polsek Cerenti yakni Kanit Reskrim BRIPKA Y. F. Djakkobus. SH, Kanit Sabar Bripka Dedi. P, Aipda Rabestin Purba dan Briptu Novrizal (Banit Reskrim).
 
Lokasi yang menjadi sasaran yaitu Aliran sungai desa sikakak kec.  Cerenti kab.  Kuansing, Sarana Prasarana yang digunakan 1 unit Ranmor R4 Dinas dan 1 unit Ranmor R2 Dinas.
 
Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, SIK, M.Si melalui Kapolsek Kuantan Mudik Iptu Irwan Fikri S.Sos, kepada wartawan dalam keterangan resminya mengatakan "Penindakan / penertiban dilakukan berdasarkan Surat perintah nomor : Sprin /22/III/2022 pada tanggal 30 maret 2022, kemudian Kapolsek Cerenti bersama 4(empat) personil lainnya langsung menindak lanjuti giat tersebut dan di lokasi ditemukan 2 (dua) unit Rakit Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang sedang beraktifitas di daerah desa Sikakak kecamatan Cerenti kabupaten Kuansing, karena sulit terjangkau kemudian dilakukan peringatan terhadap para pelaku dengan memberikan suara teriakan dan para pelaku Pertambangan Emas Tanpa Izin langsung bubar dengan melarikan diri kedalam kebun kebun" terang kapolsek.
 
 "Personil Polsek Cerenti  langsung melakukan pengejaran terhadap 2 (Dua) orang pelaku yang melarikan diri ke daratan kebun kebun, namun tidak berhasil dilakukan penangkapan, maka terhadap rakit pertambangan emas yang ditinggalkan oleh pelaku dilakukan penindakan dengan dilakukan pengrusakan agar tidak bisa digunakan lagi," ujar kapolsek".
 
Ditambahkan Irwan,' Hambatan penindakan PETI yakni belum bisa menjangkau langsung Rakit Pertambangan Emas yang beraktifitas di tengah tengah hamburan lumpur disekitar tambang, memudahkan para pelaku untuk melarikan diri, namun kegiatan penindakan berjalan aman dan kondusif" Kapolsek mengakhiri keterangannya.
 
Sumber: Humas Polres Kuansing
 
(Ind)