Babinsa Memastikan Kesehatan Ternak Warga Agar Tetap Terbebas dari PMK

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Serma Syafril Arwin melaksanakan pengecekkan dan pemantauan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak. Kegiatan ini dilakukan dengan mengunjungi kandang sapi milik bapak Rustam di Dusun 1 desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu pada hari Selasa 29-08-2023. 
 
Babinsa Talang Jerinjing Serma Syafril Arwin dengan penuh semangat melaksanakan pengecekkan dan pemantau dan memberikan arahan kepada peternak dan juga mengingatkan para pemilik ternak pentingnya menjaga kebersihan kandang sebagai langkah awal dalam mencegah penyakit. 
 
Dalam pertemuan tersebut Babinsa menjelaskan dampak yang bisa ditimbulkan oleh Penyakit Mulut dan Kuku serta Babinsa mengimbau bila ada ternaknya yang sakit supaya secepat mungkin melaporkannya baik kepada Babinsa maupun instansi terkait. 
 
Bila terpapar penyakit ternaknya tentu akan menimbulkan kerugian bagi peternak juga membutuhkan biaya tambahan untuk pengobatannya. Karena itu mari secara bersama-sama menjaga ternaknya supaya tetap sehat. 
 
"Selain itu Babinsa juga mengingatkan kepada peternak bahwa bukan PMK saja yang harus diperhatikan tetapi penyakit yang  lain juga bisa menyerang ternak.
 
Pemilik peternakan bapak Rustam merasa sangat berterima kasih atas kunjungan yang diberikan oleh Babinsa. Ia menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan kandang dan menerapkan protokol pencegahan penyakit bagi ternak. 
 
Yang amat penting lagi yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang tempat istirahat ternak. Disamping itu jangan lupa memperhatikan cara memberi makanan ternak harus cukup sesuai kebutuhan ternak, karena kesehatan ternak ini bukan hanya untuk ternak saja tetapi juga untuk kelangsungan usaha peternakannya.
 
Menyadari pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga kesehatan ternak, Serma Syafril Arwin mengajak seluruh warga yang punya ternak untuk saling mendukung dan berbagi informasi dan ilmu terkait perawatan dan pencegahan penyakit. 
 
Langkah-langkah kecil yang perlu kita perhatikan adalah  menjaga kebersihan baik ternak, kandang maupun makanannya.  Karena ini semua dapat memiliki dampak besar dalam menjaga kesehatan ternak secara keseluruhan. Kegiatan ini bertujuan untuk  pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak maupun penyakit lainnya, ini menjadi salah satu bentuk nyata dari peran TNI dalam mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat. "Ucap Serma Syafril Arwin.(Pr4as/sl)