Babinsa Koramil 01/Rengat Terus Pantau Perkembangan Penyakit PMK di Wilayah Binaannya

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat, Koptu Wiranto mengunjungi beberapa kandang sapi milik warga binaan di Desa Bukit Petaling Kecamatan Rengat Barat.
 
Walaupun penyebaran PMK di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu sudah bisa dikendalikan namun Babinsa dan Dinas peternakan Kabupaten Indragiri Hulu tetap rutin memantau kondisi hewan ternak.Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku.
 
Pada kesempatan itu, Koptu Wiranto mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung dan juga menyemprotkan cairan desinfektan.
 
“Kami juga memberi penyuluhan dan pengetahuan. Dengan harapan, para peternak juga bisa bekerja untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus ini. Sehingga, wilayah khususnya di desa Bukit Petaling Kecamatan Rengat Barat ini aman dari virus PMK” ujarnya.
 
“Walaupun wabah PMK sudah bisa dikendalikan namun kami akan terus melakukan pengecekan hewan ternak dan penyemprotan ke kandang kandang.Untuk itu, kami berharap agar peternak terus menjaga kebersihan hewan ternak, kandang, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” Pungkasnya.
 
Sebagai informasi, PMK ini tidak hanya menyerang pada hewan ternak sapi, karena ada beberapa hewan atau ternak yang rentan tertular seperti kerbau dan kambing, yang dapat menyebabkan nilai jual pada hewan ternak menurun drastis.(Pr4as/sl)