Guna Menjaga Ketertiban, Babinsa Koramil 01/Rengat Sambangi Rutan Kelas IIB Rengat

Suaralira.com, Rengat Barat - Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Serka Surwaidi selalu menjalin sinergi antara Aparat Penegak Hukum di wilayah binaannya, untuk menjaga ketertiban dan keamanan, Sabtu 20 Januari 2024.
 
Babinsa Kelurahan Pematang Reba Serka Surwaidi saat ini kembali menyambangi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Rengat, Didampingi oleh Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Wan Rezwanda memantau langsung kondisi keamanan dan ketertiban di Rutan Kelas IIB Rengat. 
 
Disela sela kedatangan Babinsa Kepala Rutan kelas IIB Rengat Julius Barus, SE, MH melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Wan Reswanda menjelaskan kegiatan sambang tersebut merupakan salah satu bentuk sinergi yang telah sejak lama terjalin sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban di Rutan Kelas IIB Rengat.
 
"Kegiatan sambang ini merupakan bentuk koordinasi dalam membangun sinergi bersama aparat penegak hukum. Intinya untuk memastikan kondisi rutan selalu dalam keadaan aman dan terkendali," ungkap Wan Reswanda.
 
Wan Reswanda juga menjelaskan, bahwa Rutan Kelas IIB Rengat selalu melibatkan para personil TNI khususnya dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan besar maupun insidentil seperti kegiatan razia kamar hunian warga binaan. 
 
Selain itu juga kegiatan besar seperti pelaksanaan layanan pada hari raya maupun kegiatan-kegiatan lainnya, Sejauh ini kita selalu berkoordinasi dengan pihak koramil 01/Rengat melalui Babinsa maupun Polsek melalui Bhabinkamtibmas. 
    
Sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan kelas IIB Rengat Wan Reswanda, menuturkan"Sinergisitas antara Rutan Rengat dengan aparat penegak hukum terus berjalan dengan baik, kita saling menguatkan satu sama lain untuk mewujudkan lingkungan Rutan Rengat yang aman dan nyaman"
 
Selanjutnya bahwa sinergi dengan aparat penegak hukum (APH) merupakan salah satu poin yang terdapat dalam 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju yang terus di pegang teguh dan menjadi acuan dalam menjalan fungsi sebagai Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan.
 
"Ini merupakan wujud implementasi dari 3+1 Kunci Pemasyarakatn Maju yaitu Deteksi Dini, Pemberantasan Narkoba, Sinergi dengan APH dan Back To Basics" Ungkap Wan Reswanda.
 
Sementara ditempat terpisah Danramil 01/Rengat Kaptein Inf HB. Sitepu menyampaikan melalui Babinsa Serka Surwaidi juga menyampaikan bahwa Kegiatan koordinasi terkait pencegahan gangguan keamanan kami selalu melaksanakan koordinasi sebagai wujud sinergitas antara Rutan Rengat dengan Koramil 01/Rengat.
 
Kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan keamanan dan merupakan wujud pengendalian serta pencegahan kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.(Pr4as/sl)