Dandim 0302/Inhu -Kuansing Lakukan Pengecekan Kesiapan OPLAH Di Desa Kelayang Kec.Rakit Kulim

Suaralira.com, Inhu - Bentuk Kepedulian Kementrian Pertanian Indonesia untuk kesejahteraan petani khususnya di Desa Kelayang Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu. 
 
Hari ini Letkol Inf Emick Candra Nasution,M.P.M (Dandim 0302/Inhu-Kuansing) turun melakukan pengecekan Optimasi Lahan Rawa (OPLAH) Rabu tanggal 19 Juni 2024 sekira pukul 11.20 wib bertempat di lahan persawahan Desa Kelayang Kecamatan Rakit Kulim. 
 
Dandim 0302/Inhu dalam kunjungan dan Melakukan pengecekan Oplah tersebut tampak juga didampingi oleh Danramil 04/PP dan Pasiter Kodim 0302/Inhu.
 
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Letkol Inf Emick Candra Nasution,M.P.M (Dandim 0302/Inhu-Kuansing),Kapten Inf Bambang Kosasi Tarigan (Danramil 04/PP), Lettu Inf Musdaliansyah(Pasi ter 0302/Inhu), 
Serda Suhermansyah(Babinsa Desa Kelayang), Julhanifah(Penyuluh Pertanian Lapangan),  Monalisa,S.P(Kordinator BP3 Kec.Rakit Kulim), M.Fadillah (Pj Kades Kelayang), beberapa Ketua kelompok tani. 
 
Saat kegiatan ramah tamah Dandim 0302/Inhu-Kuansing bersama perwakilan ketua kelompok tani, pada kesempatan tersebut Dandim 0302/Inhu-Kuansing dalam arahan yang menyampaikan bahwa perlu pengoptimalan Lahan OPLAH(Optimasi Lahan Rawa).
 
Terhadap lahan ini merupakan bentuk dari kepedulian Kementrian Pertanian Republik Indonesia melalui Kementrian Pertahanan Republik Indonesia untuk mensejahterakan para petani khususnya di Desa Kelayang Kecamatan Rakit Kulim, "ucapnya.
 
Selanjutnya ditekankan kepada kelompok tani agar segala kendala yang ada dilapangan diharapkan juga ikut berperan agar program Optimasi Lahan Rawa(OPLAH)dapat berjalan dengan sebaik-baiknya tanpa kendala apapun." Pinta Dandim. 
 
Program Optimasi Lahan Rawa(OPLAH)ini melibatkan langsung Babinsa agar ikut serta dan turun langsung ke lapangan bersama kelompok tani agar tercapainya seluruh program dari pemerintah pusat."harapnya.
 
Usai Dandim beramah tamah dengan kelompok tani langsung melakukan Peninjauan titik yang dikerjakan di antaranya Pengecekan kesiapan lahan pertanian serta Pengecekan pembuatan irigasi/parit cacing. 
 
Sementara untuk kelompok tani yang ada sekitar 9 kelompok tani di antaranya ada Poktan Ingin Maju sebagai Ketua Yusli miliki luas lahan 14 ha),Poktan Mekar Jaya(Ketua Ahmad Caca miliki luas lahan 19 ha)
Poktan Mekar Indah (Ketua M.Saleh miliki luas lahan 6 ha),Poktan Fajar(Ketua Mujib,miliki layan seluas lahan 8 ha). 
 
Selanjutnya,Poktan Mandiri (Ketua Jumadi,miliki luas lahan 20 ha),Poktan Karya bersama(Ketua M.Barijo,miliki luas lahan 12 ha), Poktan Tri Karya Bersama(Ketua Nazarudin miliki luas lahan 22 ha),dan terakhir yakni Poktan Sumber makmur(Ketua Edi mahyuzar yang miliki luas lahan 29 ha) dan untuk secara keseluruhan poktan yang miliki lahan ada seluas130 ha. (Pras.sl)