Wujudkan Swasembada Pangan, Komoditas Pangan Strategis Pajale Digalakkan

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Untuk wujud kan ketahanan pangan dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan tidak hanya terbatas pada komoditas padi, melainkan juga pada komoditas jagung dan kedelai.  Tiga komoditas pangan strategis ini dikenal dengan sebutan Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai).
 
Untuk mencapai hasil optimal, pada setiap tanaman pangan dibutuhkan beberapa faktor, diantaranya tanah yang subur, pengolahan lahan yang baik, benih yang unggul, ketersediaan air yang cukup, perawatan tanaman dan pemupukan yang berimbang, tepat dosis dan jenis.
 
Mengingat perawatan dan pemupukan tanaman merupakan salah satu hal penting dalam mencapai keberhasilan peningkatan produktivitas tanaman jagung maka Babinsa desa tambak Koramil 01/rengat, Kodim 0302/Inhu, Serda Hasanudin turun langsung melaksanakan pengecekan tanaman jagung dari hama ulat milik Badrun. 
 
Tanaman Jenis jagung Hibrida dengan luas tanah 0,5 ha di Desa Tambak Kecamatan Kuala Cenaku kabupaten Indragiri hulu Riau Kamis (26/01/2023).
 
“Pengecekan hama tanaman jagung yang mendekati panen menggunakan pestisida khusus tanaman jagung yang dosisnya disesuaikan dengan yang dianjurkan PPL setempat, "paparnya.
 
Sementara Danramil 01/rengat, KAPTEN INF ARDI YASMAN Mengatakan bahwa Babinsa harus selalu melaksanakan pendampingan setiap jenis pertanian yang ada di desa binaan melalui Babinsa serta selalu komsos dengan masyarakat nya,untuk membantu sekaligus memotivasi petani di wilayah binaan dalam meningkatkan produktivitas jagung, "katanya.
 
“Dengan adanya perawatan dan pengecekan hama tanaman serta pemupukan yang seimbang ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas saat panen tiba, yang dengan sendirinya akan menambah penghasilan para petani, "harapnya. (P4as/sl)