Kepala SMPN 9 Pekanbaru, Emrina S.Pd

ANBK TAHUN 2024 SMPN 9 PEKANBARU KELAS 8

Suaralira.com, Pekanbaru — Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah evaluasi yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk mengukur kualitas pendidikan di sekolah-sekolah. Tidak seperti ujian nasional yang dulu telah lama dikenal, ANBK lebih dari sekadar menilai pengetahuan akademik. 

Asesmen Nasional bertujuan memperlihatkan apa yang semestinya menjadi tujuan utama sekolah, yaitu pengembangan kompetensi dan karakter murid.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk siswa SMP sederajat telah berlangsung hari ini senin, 9 hingga selasa 10 September 2024 (2hari).

Siswa yang ikut ANBK dipilih oleh pengelola data (Dapodik), sesuai kewenangannya. Pemilihannya dilakukan dengan metode yang telah ditentukan oleh Kemdikbud Ristek, yakni random sampling atau sampel acak.

Jumlah peserta didik yang dipilih untuk mengikuti ANBK 2024 pada setiap SMP maksimal 45 orang dan cadangan 5 orang.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Program ini dilaksanakan sebagai bentuk penilaian terhadap mutu sekolah SMPN 9 Pekanbaru.

Mutu pendidikan itu dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar seperti literasi, numerasi, dan karakter. Selain itu, terdapat penilaian kualitas proses belajar-mengajar dan suasana satuan pendidikan.

Penilaiannya didapatkan dengan cara mengerjakan tiga instrumen yang meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Ketiga instrumen tersebut nantinya akan diikuti sebagian peserta didik.

Khusus jenjang SMPN 9 Pekanbaru diperuntukkan bagi siswa kelas 8 saja yang dipilih secara acak oleh pemerintah. Tujuannya agar siswa dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika masih berada di sekolah tersebut.

Adapun hal yang menjadi perhatian yakni Tugas Proktor, Teknisi dan Dua orang Pengawas Silang dari SMPN 48 Pekanbaru/ sekolah lain yang akan mensupport jalannya ANBK. Proktor adalah petugas yang bertanggung jawab atas pelaksanaan teknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). 

Sebelum pelaksanaan ANBK hari ini, pihak sekolah sudah mensosialisasikan kepada siswa pas keluar nama yang ikut ANBK ini sudah dipersiapkan dengan latihan latihan selama 3 hari.

Harapan dengan adanya ANBK ini bisa serta dapat menaikan Rangking sekolah dari Rapor Pendidikannya dan siswa dapat ikut semuanya tidak ada halangan apapun, "tutup Emrina. (JR/sl)