1.Kepala SMPN 16 Pekanbaru 2.Enni Nilawati,S.Pd 3.Pemateri dari 3 dari UMRI 4.Peserta 27 Guru SMPN 16 di Labor Komputer Pekanbaru

Optimalisasi bakat dan minat siswa berbasis sistem pakar

Suaralira.com, Pekanbaru — Pengembangan potensi individu siswa berdasarkan Bakat dan Minat merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ditaja oleh Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), "ujar Enni Nilawati, S.Pd selaku Panitia yang telah dipercaya Kepala SMP Negeri 16 Dra. Endang Sriwijayanti dimana menyampaikan kepada suaralira.com Sabtu, 28 September 2024. 

Kepala Sekolah Dra.Endang Sriwijayanti kepada awak media menyampaikan karena kesibukan juga, dimana kegiatan ini bersamaaan dengan Lomba PBB antar sekolah di Makorem Wirabima Riau.

Maka, "Endang tidak bisa dan juga harus mendampingi siswa siswinya untuk berlomba, melalui seluler menyampaikan mohon maaf tidak bisa hadir mengikuti acara berupa Seminar Pelatihan ini.

Dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMRI Seminar Pelatihan yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek dan UMRI secara inti ada 3 pemateri yakni ;

1. Minat dan Bakat Peserta Didik oleh Ajeng Safitri, M.Si, Psikolog,

2. IT dalam Pembelajaran oleh Dr.Vitriani, S.Kom, M.Kom juga sebagai Ketua Pelaksana dari UMRI,

3. Sistem Pakar untuk mengidentifikasi bakat dan Minat siswa oleh Edi Ismanto, S.T, M.Kom, PhD.

Dalam Kegiatan ini turut hadir Pengawas Sekolah Dra. Rukmini, M.Pd dimana Pengawas dapat memfasilitasi 2 kegiatan, yaitu: Perencanaan program pelatihan kurikulum merdeka serta Pengawas bisa berkolaborasi dengan narasumber lain untuk memperkuat pemahaman sekolah binaan, "ujarnya.

Kegiatan ini terlaksana dengan lancar dan baik tanpa ada kendala yang berarti, Semoga seminar yang ditaja Kemendikbud Ristek dan UMRI ini dapat menambah ilmu bagi Guru Guru Hebat SMPN 16 Pekanbaru, "tutup Enni.

(JR/sl)