Kali Ini Desa Tajir Disambangi Oleh Babinsa Untuk Pastikan Ternak Terhindar Dari PMK

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Babinsa Koramil 01/Rengat Serma Syafril Arwin melaksanakan pemantauan kesehatan ternak Kambing  dilokasi dan kandang para peternak. 
 
Kesempat kali ini Babinsa melaksanakan pemantauan Kambing milik warga Tukul Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi ternak hari Sabtu tanggal (18-03-2023).
 
Danramil 01/Rengat Kapten Inf Ardiyasman  memberi arahan  dan masukkan kepada anngotanya  yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengecekan dan juga mengetahui bagai mana kondisi kesehatan hewan ternak yang ada di desa binaannya masing-masing. 
 
Karena saat ini kondisi, lanjut Danramil cuaca saat ini tidak menentu yang menyebabkan ada kendala yang harus dihadapi oleh para peternak seperti agak susah mendapatkan rumput  yang disebabkan curah hujan bisa dari pagi hingga sore. 
 
Dengan begitu peternak akan susah dan akan terganggu kesehatan ternak yang ada dikandang,  tentu para peternak harus memberikan vitamin untuk mencegah ternaknya tetap sehat. "Ucap Danramil.
 
Babinsa desa Talang Jerinjing mengimbau kepada semua warga, terutama yang punya Ternak Sapi, Kerbau, Kambing dan ternak lainnya. Harus selalu agar menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternak apa lagi sekarang musin hujan dan juga memperhatikan Pakannya. 
 
Oleh karena itu pastinya akan berpengaruhnya bagi hewan seperti Kambing yang ada ini. Bila ada melihat ternaknya yang sakit jangan ragu-ragu untuk melaporkan ke petugas terkait dan juga bisa melaporkan melalui Babinsa, "pesanya.
 
"Untuk saat ini hasil pantauan dan pengecekan langsung oleh Babinsa dari Kandang kekandang ternak milik warga tidak menemukan adanya ternak yang terjangkit penyakit maupun PMK, semua ternak yang dicek dalam keadaan sehat-sehat. (P4as/sl)