Menjelang Hari Raya Idul Adha, Babinsa Pantau dan Pastikan Ternak Aman dari PMK

Suaralira.com, Rengat - Untuk pencegahan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak menjelang hari raya Idul Adha tahun ini, Babinsa desa Talang Jerinjing Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Serma Syafril Arwin melaksanakan pemantauan dan pengecekkan ternak sapi dan Kambing. 
 
Hewan ternak milik Ari di Dusun Tiga Payarumbai 1 desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu Sabtu tanggal 27-05-2023.
 
Saat dihubungi oleh suaralira.com Babinsa Serma Syafril Arwin mengatakan bahwa, melakukan pengecekan serta pemantauan ke kandang-kandang ternak milik warga, juga sekaligus memberikan arahan khusus kepada para peternak."katanya.
 
Mengingat beberapa waktu yang lalu wilayah kita selalu turun hujan  supaya warga bisa selalu menjaga Pakan dan juga  menjaga kebersihan kandang. Bila makannya cukup serta kandang bersih ternak pasti dalam kondisi sehat. 
 
Kalau kondisi ternak sehat dan gemuk tentu harga juga tinggi ini menguntungkan bagi para peternak apalagi menjelang hari raya Idul Adha ini yang kurang lebih Satu bulan lagi tentu harga ternak lebih mahal. "Ucap Serma Syafril Arwin.
 
Dirinya juga menghimbau kepada warga untuk segera melapor kepada Dinas terkait termasuk kepada Babinsa apabila ada hewan ternaknya mengalami sakit terutama ada tanda-tanda penyakit PMK. 
 
Agar segera dilaksanakan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi peternak dan Babinsa juga memberikan arahan supaya ternak juga diberi Vitamin biar kondisi ternak tetap Fit dan sehat. 
 
Sementara itu Danramil 01/Rengat Kapten Inf HB. Sitepu mengatakan bahwa, saat ini seluruh personel Babinsa ditugaskan untuk selalu memantau semua  ternak yang ada diwilyah tugas dan tanggung jawab para Babinsa. 
 
Tetap berusaha semaksimal mungkin untuk selalu membantu masyarakat untuk menjaga dan merawat ternaknya tetap sehat dan juga diharapkan para Babinsa supaya bisa membantu warganya bila ada permasalahan dilapangan tidak selalu berhubungan dengan ternak tapi semua permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.
 
Terutama penangganan dan pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi ternak yang ada diwilayah tugas dan tanggung jawab para Babinsa  bersama  dengan petugas lainnya seperti dari Dinas peternakan serta instansi terkait lainnya”, ucap Danramil.(Pr4as/sl)